Sabtu, 04 Desember 2010

Alfa Karotin Berguna untuk Menurunkan Risiko Kanker

Beta karotin (β-carotene) telah diketahui sebagai substansi yang dapat mencegah kanker dan penyakit jantung. Penelitian terbaru menunjukkan bahwa alfa karotin juga berguna untuk mencegah penyakit jantung dan kanker. Demikian menurut penelitian yang diumumkan beberapa hari lalu di Archives of Internal Medicine.

Beta karotin dan alfa karotin adalah substansi yang banyak dikandung di sayur mayur, terutama yang berwarna kuning atau gelap seperti wortel, ubi jalar, labu, bayam, dan brokoli. Mereka berfungsi sebagai antioksidan sehingga berguna untuk mencegah kanker dan penyakit jantung. Demikian menurut penelitian terbaru oleh peneliti dari beberapa institut di Amerika Serikat.

Penelitian mereka dilakukan terhadap 15318 orang amerika umur 20 keatas, dimana mereka memperoleh hubungan antara konsentrasi alfa karotin dan risiko kematian sebagai berikut: dibandingkan dengan mereka yang hanya mengandung alfa karotin 0-1 µg/dL, risiko kematian mereka yang mengandung alfa karotin 2-3 µg/dL adalah 0.77, dan risiko kematian mereka yang mengandung alfa karotin lebih dar 9 µg/dL adalah 0.61. Dengan demikian, peningkatan konsentrasi alfa kerotin dapat menurunkan risiko kematian.

Penemuan ini mendukung pendapat bahwa sayur mayur dan buah-buahan dapat menurunkan risiko kematian.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar