Kamis, 09 Desember 2010

Kereta CRH380A, Kereta Penumpang Cina Pemecah Rekor Tercepat di Dunia



Sebuah kereta penumpang Cina memecahkan rekor kecepatan dunia setelah melaju dengan kecepatan lebih dari 300 mil per jam.

Rekor kecepatan itu ditetapkan selama uji coba di jalur yang belum dibuka antara Beijing dan Shanghai menurut Kantor Berita Xinhua.



Mencapai 302 mil per jam (486 kilometer per jam) kereta itu mencatatkan kecepatan tercepat oleh kereta api komersial konvensional tanpa modifikasi.

Ia mencapai kecepatan tertinggi pada sebuah segmen dari jalur sepanjang 1.318 kilometer (824 mil) antara Kota Zaozhuang di Provinsi Shandong dan Kota Bengbu di Provinsi Anhui, kata Xinhua.

Rekor dunia baru itu dicapai selama uji coba untuk kereta yang disebut CRH380A, hanya beberapa bulan setelah satu kereta api model yang sama memecahkan rekor setelah mencapai kecepatan tertinggi 416,6 kilometer per jam.

Namun, meski mencatat dua rekor sejak September, para pejabat kereta api Cina mengatakan mereka ingin mencapai kecepatan lebih dari 312mph (500kpm)

Jalur baru itu akan dibuka pada tahun 2012 dan akan membuat waktu tempuh antara ibu kota Beijing dan Shanghai tinggal setengah waktu tempuh saat ini menjadi lima jam.

Proyek ini berbiaya US$ 32,5 miliar dan merupakan bagian dari upaya besar-besaran pemerintah untuk menghubungkan banyak kota Cina dengan rel kecepatan tinggi dan juga mengurangi kepadatan penduduk pada jalur yang banyak digunakan.

Namun, meskipun kecepatan itu mengesankan, kereta jenis lain telah mencatat waktu lebih cepat.

Sebuah kereta TGV Prancis yang dimodifikasi khusus mencapai 357,2 mph (574,8 kph) selama tes 2007, sedangkan kereta magnet Jepang melaju 361 mph (581 kph) pada tahun 2003.


Betapa pentingnya waktu di bidang perekonomian menjadikan betapa pentingnya alat transportasi tercepat seperti itu untuk meminimal waktu. Sungguh beda dengan keadaan perkeretaapian di Indonesia. hueeeeeeeeeeeeee

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar