Kamis, 11 November 2010

5 fenomena alam teraneh

1. OLD FAITHFUL

yellowstone adalah air mancur panas yg terkenal di dunia karena letusan konsistennya hampir setiap jam. Sampai dengan 8.400 galon air panas mendidih ditembak sampai ke langit mencapai ketinggian lebih dari 100 kaki. Yellowstone pertama kali ditemukan pada tahun 1870 dan sejak itu lebih dari 30.000 letusan telah dicatat. Air mancur ini didatangi oleh ribuan turis setiap tahunnya.


2. DANAU KELIMUTU


Gunung kelimutu adalah gunung berapi yang terletak di pulau flores, provinsi ntt, indonesia. Lokasi gunung ini tepatnya di desa pemo, kecamatan kelimutu, kabupaten ende. Gunung ini memiliki tiga buah danau kawah di puncaknya. Danau ini dikenal dengan nama danau tiga warna karena memiliki tiga warna yang berbeda, yaitu merah, biru, dan putih. Walaupun begitu, warna-warna tersebut selalu berubah-ubah seiring dengan perjalanan waktu.

Danau atau tiwu kelimutu di bagi atas tiga bagian yang sesuai dengan warna - warna yang ada di dalam danau. Danau berwarna biru atau "tiwu nuwa muri koo fai" merupakan tempat berkumpulnya jiwa-jiwa muda-mudi yang telah meninggal. Danau yang berwarna merah atau "tiwu ata polo" merupakan tempat berkumpulnya jiwa-jiwa orang yang telah meninggal dan selama ia hidup selalu melakukan kejahatan/tenung. Sedangkan danau berwarna putih atau "tiwu ata mbupu" merupakan tempat berkumpulnya jiwa-jiwa orang tua yang telah meninggal.

3. General sherman


Jenderal Sherman adalah nama untuk suatu pohon Sequoia Raksasa yang terdapat di Giant Forest, Taman Nasional Sequoia, Amerika Serikat. Pohon yang diperkirakan berusia 2.200 tahun ini adalah pohon terbesar di muka bumi dengan ukuran volume badan 1487 m³ (2002).
Nama pohon ini diambil dari nama seorang pimpinan Perang Saudara Amerika, Jenderal William Tecumseh Sherman, oleh seorang naturalis James Wolverton pada tahun 1879. Wolverton pernah bertugas sebagai Letnan di bawah komando Sherman pada Kavaleri Indiana ke-9. Pohon ini diidentifikasi sebagai pohon terbesar pada tahun 1931 setelah dibandingkan dengan pohon Jenderal Grant, yang berada di dekatnya, dan diputuskan bahwa volume kayu adalah faktor penentu utama.

4. DACHSTEIN CAVES


Sebuah 150mil terowongan es dan gua-gua seram membentuk Gua Dachstein, gua es yang terkenal Austria yang terletak dekat Danau Hallstatt. Es kolom megah, lengkungan dan paku terbentuk oleh udara yang berputar-putar di bagian es. Lebih bawah dari gua ini merupakan gletser raksasa tetapi beberapa pemandangan paling menakjubkan dapat dilihat pada perjalanan turun, di mana beberapa bagian es telah membentuk apa yang tampak seperti es katedral besar.


5. LAPINDO MUD


Banjir Lumpur Panas Sidoarjo atau Lumpur Lapindo atau Lumpur Sidoarjo (Lusi) , adalah peristiwa menyemburnya lumpur panas di lokasi pengeboran Lapindo Brantas Inc di Dusun Balongnongo Desa Renokenongo, Kecamatan Porong, Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur, sejak tanggal 29 Mei 2006. Semburan lumpur panas selama beberapa bulan ini menyebabkan tergenangnya kawasan permukiman, pertanian, dan perindustrian di tiga kecamatan di sekitarnya, serta mempengaruhi aktivitas perekonomian di Jawa Timur. Ada yg mengatakan bahwa ini disebabkan oleh kegiatan PT Lapindo di dekat lokasi itu, ada jg yg mengtakan dikarenakan aktivitas gempa bumi sehingga lapisan bumi retak dan menyebabkan lumpur2 panas keluar dari perut bumi.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar