Kamis, 18 November 2010

Jose luiz chilavert


JOSE Luis Chilavert adalah salah satu nama besar yang akan selalu diingat orang. Kiper Paraguay ini termasuk fenomenal. Bukan semata-mata karena kepiawaiannya mengawal gawang, tetapi juga kesaktiannya mengeksekusi tendangan bebas, hingga dia juga produktif mencetak gol.

Sejak mengawali karier sebagai pesepak bola profesional pada 1982 hingga memutuskan gantung sarung tangan pada 2003 silam, tercatat ia telah mencetak lebih dari 60 gol, termasuk hat-trick yang ditorehkannya saat masih membela klub Argentina, Velez Sarsfield. Dia juga sudah mencetak delapan gol untuk tim nasional.

Atas berbagai kelebihannya itu, ia pun meraih penghargaan sebagai Kiper Terbaik Dunia tahun 1995, 1997, dan 1998. Ia juga menduduki peringkat kelima kiper terbaik dunia sepanjang masa dan masuk sebagai sepuluh kiper terbaik abad ini versi Federasi Statistik dan Sejarah Sepak Bola Internasional (IFFHS).

Selain karena kemampuan sepak bolanya itu, Chilavert juga dikenal karena perilakunya yang sering mengundang kontroversi. Salah satu yang paling terkenal adalah ketika ia meludahi bek Brasil, Roberto Carlos, di babak kualifikasi Piala Dunia 2002.

Atas ulahnya itu, ia diskors tiga pertandingan internasional. Ia pun terpaksa menyaksikan dua pertandingan perdana Paraguay di putaran final dari kursi penonton.

MEski begitu, orang lebih mengenangnya sebagai kiper fenomenal yang rapat menjaga gawang, tapi produktif mencetak gol

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar